:::: MENU ::::
kimia, ozon

Sains, sebuah dunia yang berada di sekitar kita yang terkadang tidak kita sadari penuh dengan keajaiban-keajaiban. Tampak sepele, mungkin bagi sebagian orang. Namun dibalik hal yang dianggap sepele oleh kebanyakan orang, ternyata mengandung banyak makna yang dapat mempertebal iman kita, yang dapat meyakini akan ke-Mahakuasa-an Allah Ta'ala.

Sebutlah kilat yang datang setiap mendung datang dan bertebaran di musim penghujan. Cahaya yang sangat terang dan suaranya menggelegar terkadang hanya dianggap sebagai gejala alam biasa. Banyak orang yang menyumbat telinganya dengan anak jarinya, karena (mendengar suara) petir,sebab takut akan mati (Q.S. Al Baqarah : 19). Atau sebagian lainnya berlarian ke dalam rumah, tanpa memiliki keingintahuan ada apa dibalik terjadinya kilat.

Allah SWT tidak menciptakan alam ini dengan sia-sia (Q.S. Ali Imeon : 191). Termasuk dalam penciptaan kilat dan awan mendung (Q.S. Ar Ra'd : 12). Kilat yang terjadi karena adanya perbedaan muatan partikel di udara sana, sehingga menciptakan sebuah loncatan listrik maha besar, memiliki peranan yang teramat penting dalam kelangsungan kehidupan makhluk di bumi ini.

Ketika terjadi loncatan listrik (yang kita kenal dengan kilat), maka udara yang dilewatinya terbelah. Sebagian besar gas oksigen (O2) akan mengalami perombakan dan terbentuk sebuah senyawa baru, yaitu O3. Apa itu O3?

O3 adalah senyawa yang memiliki atom oksigen sebanyak 3 buah, kita mengenalnya dengan ozon. Senyawa ini amat berbahaya bagi kesehatan manusia dan terletak pada ketinggian 50 km (Wikipedia).

Lalu, apa peranan ozon?

Ringkasnya jika bumi kita tidak memiliki selimut ozon, maka punahlah kehidupan yang ada di bumi ini. Karena segala macam sinar kosmik, sinar ultraviolet yang sangat mematikan hanya dapat disaring atau dihalangi oleh senyawa ozon.
Dunia sains menghadirkan berjuta msiteri dan keajaiban tentu saja semuanya kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa diantara keajaiban lainnya adalah:

- Kita mengenal tata surya. Planet lain memiliki ukuran sangat jauh lebih besar dibanding Bumi, seperti Saturnus. Tapi walaupun ukuran Saturnus sangat besar, jika dimasukkan ke dalam kolam renang (segede apa ya kolam renangnya?) planet raksasa itu akan mengapung, tidak tenggelam. Padahal jarum pentul yang ukurannya sangat kecil saja akan tenggelam di kolam renang.

- Pernah mengenal lubang hitam? Masih di alam raya sana, nun jauh sejauh bintang-bintang yang bertebaran di langit hitam. Lubang hitam adalah salah satu ciptaan-Nya yang sangat luar biasa. Benda (atau makhluk, entahlah) itu memiliki gaya gravitasi sangat besar. Jika bola dilempar ke atas, maka bola tersebut akan kembali ke lapangan, karena ada gaya gravitasi bumi. Nah, di lubang hitam, semua benda akan ditarik masuk ke dalamnya. Menghilang! Sampai-sampai, saking besar gaya gravitasinya, cahaya yang dahsyat pun ditarik oleh lubang hitam, jatuh ke dalamnya, dan ... menghilang.

Beberapa fakta sains di atas tentu saja perlu kita renungkan, dan pada akhirnya akan membuat kita tersadar akan kecilnya diri kita di hadapan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Semoga bermanfaat.
Categories: ,

0 komentar:

Post a Comment