:::: MENU ::::

Jika kamu mempelajari ilmu kimia, maka kamu akan bertemu dengan Sistem Periodik Unsur (SPU). Mbah dukun mempunyai primbon untuk menerjemahkan fenomena yang terjadi pada pasiennya, nah kimia mempunyai SPU untuk menerjemahkan bagaimana suatu reaksi terjadi, bagaimana sifat unsur, kenapa bisa suatu senyawa mempunyai susunan tertentu. SPU begitu unik, karena disusun berdasar keteraturan sifat unsur yang ada di alam. 

Semua materi di dunia apa pun itu, berwujud seperti apa pun, hanya tersusun dari unsur-unsur yang ada di dalam SPU. Sama seperti semua kata, kalimat, paragraf dan alinea hanya tersusun dari abjad A sampai dengan Z dengan semua kombinasinya.

Ada satu bagian dari SPU yang paling mudah dilihat, yaitu simbol unsur. Simbol unsur menempati bagian tengah pada tiap kotak SPU dan ditulis dengan ukuran huruf yang besar (paling besar diantara tulisan lainnya). Simbol unsur dibuat untuk membantu mempermudah menuliskan unsur tertentu. Misalnya oksigen kita beri simbol O, hidrogen diberi simbol H, natrium diberi simbol Na, besi (ferrum) diberi simbol Fe dan sebagainya. 

Yuk, kita main game seru, lumayan iseng-iseng agar pikiran sedikit lebih "fresh". Cara mainnya begini: langkah pertama menyusun simbol-simbol unsur tersebut menjadi sebuah kata (bisa dalam Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia ataupun bahasa lainnya). 




Saya beri contoh sebuah kata: CANTIK!
Berarti di dalam SPU akan tersusun dari simbol Ca, N, Ti dan K; Ca untuk kaslium, N untuk nitrogen, Ti untuk titanium, dan K merupakan simbol kalium.

Kata lain misalnya CUTE!
Tentu saja di dalam SPU akan tersusun dari simbol Cu dan Te; Cu untuk tembaga (cufrum) dan Te simbol dari telurium.
Sudah selesai? Belum.

Langkah berikutnya adalah membuat rangkaian cerita pendek untuk kata yang tadi kita sebutkan. Misalnya untuk "CuTe" untuk tembaga (bagian dari kabel) dan telurium (salah satu unsur penyusun stainless)
(+)  Hai, Nadia..!
(-)   Hai juga :)
(+)  Bapak kamu pedagang kabel ya?
(-)   Lho koq tahu?
(+)  Ibu kamu kerja di pabrik stainless ya?
(-)   Lho ... koq tahu juga? Kamu perhatian banget sama aku.
(+)  Iya, soalnya wajah kamu "CuTe" banget

Hahahaha =D gombalan anak muda, maklum.




Contoh lainnya, untuk "CaNTiK". Bisa seperti ini:
"Aku memandang seorang berambut panjang, tengah berjalan gemulai mendekat kepadaku. Aku tahu, tulangnya tersusun dari "kalsium", diantar oleh kekasihnya dengan kendaraan yang bannya diisi "nitrogen", cincinnya bukan terbuat dari emas, namun dari "titanium", dan giginya seputih kapas mengandung "kalium". Dan dia benar-benar CaNTiK", sungguh aku akan berbisik, Kamu cantik..."
Wkwkwk, keren kan?

Boleh, silakan dicoba.

9 comments:

  1. wah kalau dulu sekolah nemu yang begini pasti jadu suka deh sama pelajaran kimia hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kimia kadang "menyebalkan" buat anak, hehehe... jadi diubah metodenya yg menyenangkan

      Delete
  2. Bagus... meski aku gak mudeng Kimia...

    ReplyDelete
  3. Bagus... meski aku gak mudeng Kimia...

    ReplyDelete
  4. Kreatif banget nih...cara mudah menghafal juga ya unsur dan namanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada Mba Wid, biasa disebut "donkey bridge"
      semisal: Becak Mogok Cari Serep ban Radial

      Delete
  5. Ih kreatif. Bisa buat seru-seruan. Gak akan bosen belajar kimia deh klo nerangin nya pake cara ini hahahaha..

    ReplyDelete