:::: MENU ::::


Pada tulisan sebelumnya, "Bingung Menyelesaikan Soal, Inilah Tipsnya" saya menjelaskan bagaimana menjawab soal secara cepat dan benar. Masih ingatkan? Kalian bisa membacanya lagi di sini. Masih tentang menjawab soal pada ujian, baik itu tengah semester, akhir semester ataupun ujian nasional, kali ini akan saya uraikan agar jawaban yang kalian cari ada di pilihan dan kalian merasa yakin dengan jawaban kalian.

Banyak siswa/i dalam mengerjakan soal membutuhkan waktu sangat lama. Ujian Nasional (UN) untuk mata pelajaran (mapel) Kimia terdiri atas 40 soal dengan waktu pengerjaan 120 menit. Artinya satu soal hanya diberi waktu 120/40 = 3 menit saja! Bayangkan, hanya 3 menit kalian diberi kesempatan untuk menjawab satu nomor. Nah, kendalanya masih sering terjadi satu nomor saja memerlukan waktu lebih dari lima menit. Belum lagi jika kalian sudah mengerjakan, dapat hasilnya, ternyata tidak ada di pilihan gandanya. Kan nyesek tuh, hehe....

Oke, di sini akan saya jelaskan tahapan atau poin-poin yang dapat membantu kemampuan kalian dalam mengerjakan soal, cekidot!

1. Kuasai Aritmetika


Untuk pelajar yang memilih program pengetahuan alam (ilmu pasti) satu bidang yang wajib bin kudu kalian kuasai adalah aritmetika. Bukan berarti yang mengambil program ilmu sosial tidak perlu memahami aritmetika ya. Justru yang bidang ilmu sosial akan bertemu dengan akuntansi, ekonomi, matematika yang tetap memutuhkan aritmetika. Jadi, bidang apa pun yang kalian ambil, atau program yang kalian pilih, aritmetika adalah suatu keniscayaan.

Apa itu aritmetika?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), aritmetika merupakan sebuah pengkajian bilangan bulat positif melalui penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta pemakaian hasilnya di kehidupan sehari-hari. Semua perhitungan, baik itu pada mapel fisika, kimia, atau matematika sendiri fondasinya adalah aritmetika. Cukup sederhana kan, hanya memahami benar-benar perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan. (Dulu saya belajar ilmu dasar itu dengan jargon: "PIPO LONDHO", kepanjangan dari Ping (kali), Poro (bagi), Lan (tambah), Sudho (kurang).

2. Memahami

Beberapa konsep merupakan materi hafalan dan beberapa memang perlu dihafal untuk memenuhi prasyarat bahasan berikutnya. Misalnya di dalam bahasan Sistem Periodik Unsur (SPU), unsur-unsur yang terdapat pada golongan utama (gol. IA sampai dengan gol. VIIIA) harus diketahui tanpa melihat tabel periodik. Kenapa? 

Untuk memahami bahasan berikutnya, seperti senyawa kovalen, senyawa ion, bilangan oksidasi dan sebagainya membutuhkan sifat dari unsur-unsur pada golongan utama tersebut, seperti elektron valensi dan jumlah kulit. Tentu saja setelah mempelajari suatu materi bukan tujuan utama menghafal materi tersebut. Ingat, jangan pernah membaca untuk menghafal, tetapi bacalah agar paham!

Setiap kalian belajar, pada mapel apa pun selalu tanamkan dalam diri kalian bahwa tujuan belajar adalah untuk memahami. Lalu tanya pada diri sendiri AMBaK?
(Tentang AMBaK ini akan dijelaskan pada tulisan lain).

3. Bertanya


Salah satu ciri seorang yang sedang belajar adalah banyak bertanya. Semakin banyak bertanya kalian akan semakin mengerti dan paham tentang apa yang kalian pelajari. Jika kalian merasa sudah bisa, sehingga kalian merasa tidak perlu lagi bertanya, mulai dari sanalah seseorang akan menjadi bodoh. Sebaliknya, jika kalian terus merasa tidak bisa, sehingga terus bertanya, dari sanalah kalian akan menjadi seorang yang paham.

Jangan pernah sungkan untuk bertanya, siapa pun guru yang mengajar, karena belajar mempunyai tujuan lain membebaskan dari rasa takut. Kalian masih memiliki rasa takut terhadap guru untuk bertanya, di situlah kalian tidak akan pernah belajar.

4. Berpikir kreatif


Banyak tokoh-tokoh terkenal karena ide-ide kreatifnya. Einstein menemukan teroi relativitasnya ketika sedang berkhayal: melaju dengan melebihi kecepatan cahaya sambil memegang cermin yang menghadap pada dirinya. Lalu, dia bertanya apakah bayangan dirinya masih ada di dalam cermin itu, ataukah tidak ada sama sekali bayangan dirinya? Kreatif kan?!

Penemu sosrobahu, yaitu membangun jalan layang tanpa mengganggu aktivitas jalan di bawahnya, lahir dari berpikir kreatif. Dia melihat mur yang mempunyai bentuk ulir, jika terus diputar akan semakin masuk ke dalam lubang yang sudah dibuat. Maka, Tjokorda Raka Sukawati pun membuat rancangan dengan memutar jalan layang yang sudah dibuat, sehingga masuk ke dalam tiang penyangganya. Sungguh amat kreatif!

Dalam pembelajaran bisa kreatif? Sangat bisa. SPU golongan utama harus dihafalkan secara tuntas. Menggunakan metode hafalan yang biasa kalian akan mengafal seperti ini: "Golongan IIIA terdiri atas: Helium, Neon, Argon, Kripton, Xenon, Radon!" Membosankan dan akan cepat lupa. Coba kalian ubah metode menghafalnya dengan teknik Mnemonic, yaitu teknik menghafal dengan cara mengubah kata-kata menjadi benda yang bisa dibayangkan dan dirangkai menjadi suatu cerita.

Misalnya untuk golongan gas mulia VIIIA, kalian ambil huruf-huruf awal dari unsur tersebut, lalu buat rangkaian cerita menarik, tidak masuk akal pun tidak apa-apa yang penting menarik. Maka, akan menjadi seperti ini: "Heboh Negara Arab Krena Xerangan Rudal nuklir!" Nah lho, situasinya jadi gawat darurat tuh! Hehe, itu hanya cerita khayal.

5. Terus berlatih

Berlatih, berlatih, berlatih, dan terus berlatih! Secara konsisten dan kontinyu. Tanya pada atlet yang meraih medali emas. Apakah dia menjadi juara karena berlatih seminggu sebelum pertandingan? Tanyakan kepada Valentino Rossi yang menjadi juara dunia MotoGP lebih dari tiga kali. Tanyakan kepada Leonel Messi yang menjadi pemain sepakbola termahal di dunia. Tanyakan kepada Tantowi Ahmad yang selalu menyabet gelar juara dunia badminton ganda campuran. Apakah mereka semua hanya berlatih jika akan menghadapi kejuaraan atau perlombaan? Jawabannya: tentu tidak!

Sang juara akan berlatih lebih keras dibanding semua lawan-lawannya. Mereka dua kali menghabiskan waktu untuk berlatih. Mereka dua kali lebih lama mempersiapkan sebuah kejuaraan. Maka, jika kalian ingin berhasil dalan ujian, ujian apa pun itu, maka berlatihlah! Berlatih lebih banyak, berlatih lebih lama, berlatih lebih sering dibanding teman-teman kalian yang lain.

Itulah lima kunci agar dapat menjawab soal dengan jitu, tanpa memerlukan waktu lama. Tulisan di atas tidaklah berguna jika hanya kalian baca, tapi praktikanlah!

Selamat mencoba, semoga bermanfaat!




#OneDayOnePost          #Batch4 #JuraganKentang

4 comments: