:::: MENU ::::

Kalian pelajar yang sedang belajar kimia? Atau kalian termasuk penggemar kimia? Atau mahasiswa jurusan kimia?

Kalau jawabannya, iya, pasti tahu donk apa itu ikatan kimia?

Tapi saya di sini tidak akan menjelaskan ikatan kimia secara konsep atau teori. Kalau konsep teorinya sih, ada yang lebih paham untuk menjelaskannya. Saya hanya ingin berbagi tentang ikatan kimia jika dihubungkan dengan kehidupan di sekitar kita.

Pertama, ikatan ion. Ikatan ion itu bagaikan seorang baik hati bijak bestari yang bersedekah. Dia selalu memberi. Tentu saja ada yang menerimanya. Siapa? Kaum dhuafa atau orang-orang yang membutuhkan. Di sana ada yang memberi dan ada yang menerimanya. Ciri khas dari ikatan ion adalah adanya memberi-menerima.

Kedua, ikatan kovalen. Pernah makan bareng dengan teman-teman atau keluarga? Istilahnya makan botram, pernah? Makan-makan botram itu makan bareng dimana masing-masing orang membawa makanan atau minuman. Misalnya si Udin bawa nasi, Riki yang bawa ikan gorengnya, Rita yang membawa sambal dan lalaban, Winda yang membawa sop buahnya. Semua menu berasal dari orang-orang berbeda, tetapi dimakan dan diminum bersama. Dalam ilmu kimianya disebut ikatan kovalen.

Ikatan yang ketiga adalah ikatan kovalen koordinasi. Ikatan ini nih yang keren. Ikatan ini seperti orang yang pandai bergaul, orang yang jiwa sosialnya tinggi. Dia selalu membawa makanan, minuman, atau camilan. Lalu dia ajak orang lain untuk duduk bersama. Dia keluarkan makanan, minuman, dan camilannya untuk dimakan bareng-bareng. Asyik kan. Banyak sekali orang-orang seperti ini di negeri ini. Lihat saja kalau sedang ada di tempat parkiran atau di terminal, selalu saja ada yang menawarkan (maaf) rokok. Lalu, mereka asyik mengobrol sambil menghisap rokok masing-masing yang diberi oleh satu orang tadi.

Yang terakhir ikatan hidrogen. Ikatan ini hanya terjadi pada marga Fanggabean, Oloan, dan Nasution. Harusnya Panggabean, saya ubah jadi Fanggabean, maksa dikit ya, hehe .... Tahu kan maksudnya? Fanggabean itu untuk unsur Fluor, Oloan untuk unsur Oksigen, sedangkan marga Nasution menunjuk pada unsur Nitrogen. Ikatan ini sangat kuat, mungkin karena hubungan batin, perasaan sedarah, dan kebanggaan akan tanah kelahiran. Dan betul, ikatan ini sangat kuat. Akibatnya ikatan antar molekulnya sangat sukar untuk diputus. Dalam aplikasinya menyebabkan titik didih senyawa yang memiliki ikatan ini sangat tinggi.

Masih banyak jenis ikatan yang ada dalam ilmu kimia. Yang paling sering menjadi bahan perbincangan adalah keempat ikatan di atas. Dalam menjelaskan konsep kimia saya sering menganalogikannya dengan kehidupan manusia. Dan itu sangat menarik, karena memang konsep dalam ilmu kimia serupa dengan kehidupan manusia sehari-harinya. Bahkan, jika kalian tahu ada laboratorium kimia terbesar ada di dalam tubuh kita sendiri. Reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh kita sangat lengkap.

Demikian, semoga bermanfaat.


#OneDayOnePost

0 komentar:

Post a Comment