:::: MENU ::::

Kali ini saya akan menulis sekelumit seputar dunia teknologi informasi (TI) yang sangat luas cakupannya. Kalian tahu kan bagaimana teknologi dewasa ini begitu sangat cepat perkembangannya. Dan yang pasti di bidang apa pun nanti kalian bekerja atau di jurusan apa pun kalian kuliah, kalian tidak akan lepas dari dunia TI.

Sudah menjadi hal yang mahfum, saat ini, bahwa seseorang harus menguasai TI. Penguasaan terhadap TI sudah menjadi kewajiban setiap orang. Orang-orang biasa menyebutnya dengan menguasai komputer. Maka, kalian, mau tidak mau harus menguasai TI/komputer. Apa pun impian kalian, mau kemana kalian setelah lulus sekolah, tidak peduli kalian mau meneruskan ke perguruan tinggi atau langsung bekerja, kalian wajib menguasai komputer.

Bukan berarti kalian harus mempunyai sosmed, bukan berarti kalian harus mempunyai smartphone atau kalian selalu online dan update status. Bukan! Di sini berarti kalian harus menguasai aplikasi dasar komputer, yang saat ini dibutuhkan dalam dunia perkuliahan atau pun dunia kerja. Berarti kalian minimal harus menguasai aplikasi perkantoran. Hal itu menjadi kebutuhan, karena semua bidang pasti akan menggunakan komputer.

Beberapa aplikasi yang wajib kalian tahu dan kuasai, diantaranya:

1. Microsoft Office

Meliputi Word, Excel, dan PowerPoint. Ketiga aplikasi inilah yang disebut aplikasi perkantoran. Memangnya hanya Microsoft Office?

Oh, tentu saja tidak. Microsoft Office merupakan aplikasi yang sangat populer dan paling banyak digunakan oleh perguruan tinggi atau pun perusahaan. Ada memang aplikasi office yang lain, seperti OpenOffice, Calc, Writer, namun tidak sepopuler Microsoft Office. Juga aplikasi lainnya kurang praktis untuk digunakan.

2. Google Application

Saat ini perusahaan Google Inc. merupakan perusahaan TI yang luar biasa canggihnya. Sebut saja Google Map, Search Engine, Gmail, Blogger, Android, Google Form, Waze, diantara sekian banyak aplikasi yang diproduksi Google Inc.

Tiga saja kalian menguasai aplikasi Google, maka kalian sudah satu tingkat lebih tinggi dibanding orang kebanyakan. Tiga aplikasi tersebut adalah: Android, Blogger, dan Google AdSense. Ketiganya akan membantu kalian beramal ibadah sekaligus mendapat penghasilan dari Google.

3. Desain Grafis

Bidang komputer yang satu ini masih langka orang yang menguasainya. Ada tingkat kesulitan yang dimiliki aplikasi Desain Grafis. Tapi, jangan khawatir, kalian bisa belajar otodidak dengan melihat beratus tutorial yang ada di internet maupun di YouTube. Dengan modal ketekunan kalian bisa menjadi seorang mahir menguasai aplikasi Desain Grafis.

Rekomendasi untuk bidang TI/komputer desain grafis adalah: Adobe Photoshop danCorelDraw. Boleh ditambahkan dengan aplikasi Adobe PageMaker, Macromedia Freehand, dan 3D Max.
Itulah beberapa hal yang menjadi faktor penting bagi setiap orang dalam dunia TI. Jangan menginginkan bisa menguasai semua aplikasi komputer. Kalian harus fokus pada satu atau saja bidang TI untuk dapat menguasainya. Apakah itu Desain Grafis, Office, Jaringan, Internet Marketing, Multimedia, Programmer, dan lainnya.

Sekian, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment