:::: MENU ::::

Bete bete bete dong

Bete bete dong

Wajah kamu kenapa beteee

Tahu lirik lagu di atas? Lagu itu dipopulerkan oleh grup T2, dan sempat juga booming ketika dibawakan oleh almrahum Olga Syahputra.

Eh, apa ...? Bukan ...? Oh, bukan lagu itu ya .... Memangnya beda ya?

Hehe, maaf para pembaca. Lirik lagunya ternyata bukan bete. Tapi "malu malu dong". Duh, saya jadi malu. Bete deh, kalau sudah salah begini, padahal hari ini begitu cerah, akhir pekan lagi. Kalian sering mengalami seperti itu jiga, ketika ada rencana, rencananya berantakan, gagal total. Atau ketika mengobrol dengan orang lain dengan pede bercerita tentang suatu hal. Eh, ternyata cerita kalian itu salah. Bete ya?

Nah, biar bad mood atau bete kalian tidak berlarut-larut, mending nulis saja. Dan di buku inilah saya menemukan bagaimana menemukan tips agar ketika kalian sedang bad mood bisa mengembalikan mood kalian dan lebih bersemangat.

Bukunya sangat enak dibaca, gaya bahasanya ringan dan mengalir. Penerbit Kaifa memang sengaja menerbitkan buku-bukunya untuk kalangan remaja, sehingga gaya bertuturnya pun terkesan lebih "gaul".

Kalau dianalogikan buku ini sebuah makanan, maka inilah makanan yang sangat bergizi dan nutrisinya padat, super padat. Karena selain memberi tips bagaimana agar mood kalian tetap terjaga dengan menulis, di sini juga kalian bisa mengetahui bagaimana agar tulisan kalian enak dibaca, bisa mengalir, dan membuat para pembaca selalu ingin meneruskan membaca tulisan kalian sampai akhir.

Caryn Mirriam-Goldberg, Ph.D. penulis buku ini sangat paham tulisannya akan dibaca oleh kalangan remaja, sehingga banyak petuah-petuah atau quotes dari penulis ternama yang ditampilan di setiap halamannya. Diletakkan di bagian sisi setiap halaman, kalian dapat membuka halaman mana pun dan menemukan quotes yang sangat menarik.

Ada satu bagian yang saya cermati, bagaimana Caryn menuliskan banyak sekali tips dan poin-poin penting dalam menulis. Kalian harus hati-hati juga dalam membacanya, karena jika kalian terima semua tips atau poin yang ada di dalam buku ini, kalian bisa jadi akan pusing sendiri. Seperti disajikan banyak sekali makanan, semua makanan penuh gizi. Jika dimakan semua bisa jadi kalian akan mengalami obesitas, atau diabetes, hehehe ....

Overall, buku ini saya rekomendasikan buat kalian, para pemuda zaman now, yang ingin lebih mendalami bagaimana menulis dengan baik dan menarik, bagaimana membuat tulisan menjadi mengalir dan enak dibaca. Hal terpenting, kalian akan menemukan banyak quotes yang akan membuat bete kalian menjadi hari-hari yang penuh gairah dan semangat.

Selamat membaca!


Judul buku : Daripada Bete, Nulis Aja!: 
                          Panduan Nulis Asyik di Mana Saja, Kapan Saja, Jadi Penulis Beken Pun Bisa!
                           (terjemahan dari Write Where You Are: How to Use 
                          Writing to Make Sense of Your Life
Pengarang : Caryn Mirriam-Goldberg, Ph.D. 
Penerbit : Kaifa, Bandung
Tahun : 2003
Halaman : 231 hlm

0 komentar:

Post a Comment