:::: MENU ::::

Rendezvous kb. 1 pertemuan (inouter space). 2. tempat berkumpul (of a family). 3 randevu, saling bertemu, mengadakan pertemuan 9di suatu tempat), mengadakan rendevu (Kodelokus Kamusku v.6.5)


Minggu (18/2) kemarin merupakan hari yang istimewa bagi keluarga besar One Day One Post (ODOP) Community (terutama bagi saya pribadi) dimana para member ODOP dari batch 1 sampai batch 5 mengadakan Meet Up atau istilahnya kopdar. Saya pribadi merasakan kebahagiaan karena bisa bersilaturahmi, bertatap muka secara langsung, berbicang, dan tentu saja mendapatkan ilmu yang bermanfaat.

Memangnya sebuah kopdar bisa mendapatkan ilmu juga?

Oh iya, tentu saja. Bagaimana konsep rendezvous (saya lebih senang menggunakan kata rendezvous dibanding kopdar, kata bakunya "rendevu") itu dibuat sehingga ajang yang langka itu tidak hanya bertemu, swafoto (selfie) saling tukar makanan, dan selesai. Sayang sekali kalau rendevu hanya sekadar bertemu di suatu tempat , makan-makan lalu selesai.

Acara yang digelar di café Upnormal, Tebet itu berkumpul kurang lebih 20 orang keluarga besar ODOP. Di situlah saya mengenal wajah-wajah teman sesama ODOPers yang selama ini hanya berkomunikasi melalui sosmed maupun aplikasi pesan WhatsApp.

Pada kesempatan kali ini, Bang Fadli mengajak ODOPers membuat puisi yang baik, yang ciamik. Berbagai prestasi yang diraih dalam sastra puisi, Bang Fadli tampak sangat paham bagaimana menyampaikan ilmunya dengan cara mengasyikan, sehingga ODOPers serasa sedang bermain bercanda, padahal ilmunya terserap begitu selesai sesi materi.

Saya beri bocoran sedikit (sebetulnya banyak, sayangnya daya tangkap saya hanya berhasil memahami sedikit saja, mohon maklum ya, hehehe ....) tips membuat puisi:

1. Menentukan tema puisi yang akan kita buat. Misalnya temanya tentang kemanusiaan, Nusantara, senja, pendidikan, malam, dan lainnya.

2. Menuliskan sebanyak-banyaknya hal yang berkaitan dengan tema. Jika tema puisi yang akan kita buat senja, maka bisa ditulis: matahari, tenggelam, jingga, pulang, peraduan, cahaya dan masih banyak lagi.

3. Tambahkan satu kata lain di belakang kata-kata yang ditulis pada langkah (2) sehingga menjadi diksi yang bagus. Misalnya untuk cahaya bisa menjadi cahaya niskala, yaitu sinar yang sangat terang yang berasal dari niskala (malaikat)

4. Gunakan tesaurus untuk menemukan berbagai kata yang bermakna sama.

5. Jangan puas dengan diksi yang sudah digunakan, cari terus diksi lain sampai benar-benar menemukan diksi yang sangat tepat.

Uih, pokoknya ajib bin keren alias kece badai. Kalau kalian membaca tulisan di atas tidak paham atau tampak biasa-biasa saja, memang ini mah saya nya sajah yang kurang bisa menyerap ilmu dan kurang paham sastra puisi.


Beberapa ODOPers yang hadir acara rendevu Hari Minggu kemarin:
- Mas Tian, Paketu
- Kang Feri
- Mbak Riesa
- Mas Trans
- Mbak Dita Dyah
- Mbak Ciani
- Mbak Iput
- Mbak Renee
- Kang Sae
- Cak Lutfi
- Florens
- Erlisa
dan masih banyak lagi, dan tidak bisa saya sebutkan di sini satu per satu.


Semoga One Day One Community selalu berjaya!

0 komentar:

Post a Comment